Gunung Lawu memiliki tiga Puncak


Terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang memiliki ketinggian 3.265 meter diatas permukaan laut ini berada diantara dua kabupaten, yakni Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Magetan.

Gunung Lawu merupakan gunung yang telah lama tidak aktif. Hal ini bisa dilihat dari rapatnya vegetasi dan puncaknya yang mengalami erosi. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, antara lain Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah.

Pada setiap puncak-puncaknya dimitoskan sebagai tempat sakral di Tanah Jawa. Hargo Dalem diyakini sebagai tempat pamoksan Prabu Brawijaya Pamungkas, Hargo Dumiling sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon dan Hargo Dumilah merupskan tempat yang penuh misteri yang paling sering digunakan sebagai ajang kemampuan olah batin dan meditasi.

Sebagian besar pendaki tentunya sudah mngetahui Gunung Lawu sebagai sasaran tempat pendakian, Gunung ini selalu ramai didaki, terutama pada setiap malam 1 Suro. Salah satu keunikan dari Gunung Lawu ini adalah di puncak gunung ini bisa dijumpai pedagang makanan.

Untuk mencapai ke puncak Lawu, ada 2 jalur yang bisa ditempuh, antara lain Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu. Gerbang masuk kedua jalur tersebut hanya terpisah 200 meter. Jalur Cemoro Kandang berada di Tawangmangu, Jawa Tengah. Melalui jalur ini akan melewati jalan yang landai namun perjalanannya agak panjang.

Sedangkan jalur Cemoro Sewu yang berada di Sarangan, Jawa Timur, jalan yang dilewati lebih nge-track namun waktu yang ditempuh relatif singkat. Disekitar Gunung Lawu juga terdapat beberapa obyek wisata yang terkenal, diantaranya adalah Telaga Sarangan, Tawangmangu, Candi Sukuh, Candi Cetho dan lain sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda