Candi Prambanan


Candi Roro Jonggrang atau Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.Candi ini terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan sekitar 17 km ke arah timur dari Yogyakarta,tepatnya di desa Prambanan,Bokoharjo.

Candi Prambanan ini dibangun pada abad ke-9 oleh raja Dinasti Sanjaya,pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.Candi ini dibangun sebagai tanda kembalinya kejayaan dinasti tersebut. Dan pada masa kejayaannya,Candi Prambanan digunakan sebagai tempat berdo'a para raja.

Tinggi yang dimiliki Candi Prambanan adalah 47 meter dan ini lebih tinggi dari Candi Borobudur.Ada sebuah legenda yang menceritakan tentang asal usul candi ini.Dahulu kala,ada seorang lelaki yang bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada seorang gadis bernama Roro Jonggrang.Pada suatu hari,Bondowoso berkeinginan untuk memperistri Jonggrang.

Namun karena Jonggrang tidak berani menolak,iapun mengajukan sebuah persyaratan bahwa untuk dapat memperistrinya, Bondowoso harus sanggup membuatkan 1000 arca candi dalam semalam.Bondowosopun menyanggupi permintaannya dengan bantuan para jin.

Namun ketika permintaan tersebut sudah hampir selesai, Jonggrang secepatnya meminta para gadis desa untuk memukul-mukulkan alu ke lesung,seolah-olah sedang menumbuk padi. Sehingga ayam jantan berkokok dan para jin kabur,karena mengira hari telah pagi.Akhirnya Bondowoso sangat marah,karena merasa dicurangi. Bondowoso yang saat itu baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000.

Candi Prambanan memiliki tiga buah candi utama di halaman utama,yaitu Candi Siwa,Candi Brahma dan Candi Wisnu yang merupakan lambang Trimurti dalam agama Hindu.Ketiga candi tersebut menghadap ke timur dan masing-masing memiliki candi pendamping yang menghadap ke barat,yaitu Nandi(lembu) untuk Candi Siwa,Angsa untuk Candi Brahma dan Garuda untuk Candi Wisnu.

Ketiga candi ini dikenal sebagai Candi Wahana, karena ketiga candi pendamping ini merupakan kendaraan atau tunggangan dewa pada candi-candi utama tersebut.Selain itu,di Candi Prambanan ini juga terdapat 2 Candi Apit,4 Candi Kelir dan 4 Candi Sudut. Sementara itu,di halaman kedua memiliki 224 candi.Dan didepan kompleks Candi Prambanan ini terdapat sebuah panggung pentas Sendratari Ramayana dan Taman Wisata Prambanan, sungguh menarik menelisik Wisata Jawa Tengah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda