Waduk Gajah Mungkur Wonogiri


Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di Wonogiri. Waduk ini terletak sekitar 3 km dari arah selatan Wonogiri. Waduk ini dibuat dengan membendung aliran Sungai Bengawan Solo. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1970-an dan mulai dioperasikan pada tahun 1978 dan memiliki luas sekitar 8800 hektar serta mampu mengairi sawah dibeberapa wilayah, diantaranya Sukoharjo,Klaten, Sragen dan Karanganyar. Selain berfungsi untuk pengairan/irigasi,waduk ini juga digunakan untuk memasok air minum di Kota Wonogiri dan untuk PLTA.

Awalnya pembangunan waduk ini menuai banyak protes. Sehingga pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur dengan transmigrasi bedol desa ke Desa Sitiung, Sumatra Barat. Waduk ini direncanakan dapat berumur hingga 100 tahun.Akan tetapi,berdasarkan perkembangan terakhir,waduk ini diperkirakan tidak akan lama.Hal ini disebabkan karena adanya laju sedimentasi yang sangat tinggi.

Waduk Gajah Mungkur juga merupakan tempat rekreasi yang sangat indah.Ditempat ini terdapat rumah terapung dan kebun binatang.Ditempat ini juga menyediakan kapal boat untuk mengelilingi perairan dan juga bisa digunakan untuk memancing.Dan yang mengasyikkan adalah dapat menikmati olahraga layang gantung (gantole).

Di Waduk Gajah Mungkur juga terdapat taman rekreasi yang menyediakan berbagai sarana fasilitas.Taman ini bernama Sendang Asri Wonogiri.Selain itu juga terdapat budidaya perikanan air tawar,terutama karamba jala apung ikan nila.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda