Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu



Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang masih aktif yang ada di  Jawa Barat. Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata favorit, baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki ketinggian sekitar 2084 meter diatas permukaan laut. Dari ketinggian ini, bisa dinikmati pemandangan alam yang sangat indah. Udara di kawasan ini sangat dingin.

Pada pagi hari suhu udara di tempat ini berkisar 17 derajat celcius dan pada malam hari mencapai 2 derajat celcius. Asal usul Gunung Tangkuban Perahu selalu dikaitkan dengan sebuah legenda, yakni Sangkuriang. Menurut legenda, Sangkuriang adalah seorang pemuda yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri, yang bernama Dayang Sumbi. Pada suatu hari Sangkuriang berniat menikahi ibunya. Untuk menggagalkan niat anaknya itu, maka Dayang Sumbi memberikan sebuah syarat, yaitu Sangkuriang harus bisa membuat sebuah danau dan sebuah perahu dalam waktu semalam.

Namun ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga posisinya menjadi terbalik. Perahu terbalik inilah yang kemudian disebut dengan Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu memiliki panorama alam yang sangat mempesona.

Rimbunnya pohon pinus dan adanya kebun teh yang ada disekitar kawasan tersebut menambah kesejukan dan keelokannya. Untuk mengelilingi kawasan ini, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak ataupun naik kuda. Karena di tempat ini juga tersedia jasa penyewaan kuda. Gunung Tangkuban Perahu memiliki kawah yang menakjubkan yang membuat kawasan ini menjadi begitu eksotis.

Kawah tersebut berjumlah 10 buah. Namun yang paling sering dikunjungi adalah Kawah Upas, Kawah Domas dan Kawah Ratu. Tak jarang pengunjung yang memanfaatkan kawah-kawah ini sebagai tempat untuk mengabadikan moment kunjungannya. Karena lokasinya memang sangat indah. Akses untuk menuju kawasan wisata ini pun tidak begitu sulit. Karena banyak angkutan umum dari Bandung yang menuju tempat tersebut yang bisa digunakan.

Baca juga artikel terkait wisata alam Jawa Barat dibawah ini

Wisata Alam Kebun Teh Pangalengan Bandung
Wisata Alam Maribaya Lembang Bandung
Wisata Alam Green Canyon Cijulang


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda