Wisata Sejarah Museum Zoologi Bogor


Museum Zoologi Bogor adalah salah satu tempat wisata edukasi yang ada di Kota Bogor. Museum ini memiliki koleksi yang berhubungan dengan dunia satwa seperti berbagai jenis hewan langka maupun fosil hewan yang telah diawetkan. Museum Zoologi Bogor didirikan pada tahun 1894 atas gagasan dari seorang ahli botani yang berasal dari Jerman, yaitu J.C Koningsberger.

Pada awalnya, museum ini merupakan sebuah laboratorium zoologi dengan nama Landbow Zoologisch Laboratorium, yang digunakan sebagai sarana penelitian yang berhubungan dengan pertanian dan zoologi. Museum Zoologi Bogor telah mengalami pergantian nama beberapa kali, yaitu tahun 1906 berubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, tahun 1910 menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium dan kemudian antara tahun 1945-1947 dikenal dengan nama Museum Zoologicum Bogoriense, sebelum akhirnya menjadi Museum Zoologi Bogor.

Museum dengan areal seluas 1.500 m2 ini memiliki 24 ruangan koleksi. Dan ruangan tersebut baru  ditempati pada tahun 1997 lalu, dimana dana pembangunannya berasal dari dana hibah Bank Dunia dan Jepang. Koleksi ilmiah yang ada di Museum Zoologi Bogor ini meliputi beberapa kategori, diantaranya adalah mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi, moluska, serangga dan invertebrata lain, selain moluska dan serangga.

Koleksi-koleksi tersebut ditempatkan didalam ruang kaca dimana suasana lingkungannya dibuat seperti aslinya. Untuk berkunjung ke museum ini, pengunjung harus melalui pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Karena Museum Zoologi Bogor ini berada didalam kawasan kebun Raya Bogor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda