Pasar klewer menjadi pusat perdagangan surakarta


Pasar klewer merupakan sebuah pasar tekstil terbesar di Kota Solo dan bahkan di Indonesia. Pasar ini sangat identik dengan kain, daster, pakaian dan sebagainya yang bermotifkan batik. Batik menjadi ciri khas ditempat ini. Berbagai macam jenis batik tersedia ditempat ini, diantaranya batik cap, batik tulis Solo, batik antik keraton dan masih banyak lagi. Pasar ini letaknya bersebelahan dengan Kraton Surakarta. 

Pasar klewer juga merupakan pusat perekonomian, tempat tujuan wisata dan simbol Kota Surakarta. Pasar Klewer bermula dari kegiatan yang dilakukan oleh para pedagang yang menjual barang dagangannya dengan cara meletakkan dagangannya di atas bahu, sehingga banyak dagangannya yang tampak berjatuhan tidak beraturan, dalam istilah Jawa disebut kleweran.

Dari kata kleweran tersebut maka pasar ini dinamakan Pasar Klewer.Selain batik, di Pasar Klewer juga terdapat wisata kuliner. Beraneka macam masakan khas Solo tersedia disini, diantaranya timlo, soto, nasi liwet, nasi rawon dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda