Tawangmangu Bidadari Alam Indonesia


Tawangmangu merupakan nama kecamatan di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kota Solo. Karena udaranya yang sangat sejuk dan keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Tawangmangu telah menjadi tempat wisata sejak zaman penjajahan Belanda. terbukti tujuan wisata utamanya adalah Grojogan Sewu. Grojogan Sewu yang berarti air terjun seribu ini terletak dihutan lindung yang luasnya 20 hektar. Dan air terjun ini tingginya mencapai 81m sehingga membuat pemandangan begitu eksotis dan mempesona. Ditempat ini tersedia berbagai fasilitas wisata penunjang, seperti kolam renang dan tempat penginapan. Ditempat ini juga dapat dimulai pendakian ke Puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, ditempat ini juga terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan melalui Cemorosewu. Selain itu, Tawangmangu juga terkenal dengan produksi sayur dan buah-buahan segarnya, seperti wortel, sawi, strawberry dan sebagainya.

Tawangmangu yang berada di lereng barat Gunung Lawu ini berjarak 37 km dari Kota Solo.Tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan barat selama 1,5 jam.
Untuk mempermudah akses ke Tawangmangu, pemerintah telah melakukan perbaikan jalur transportasi dan melakukan perawatan jalan serta pembangunan jalan baru lintas provinsi dari Tawangmangu yang berada di Jawa Tengah ke arah Magetan Jawa Timur. Jalan baru ini melewati perbukitan dan di tengah tengah lahan pertanian yang asri dengan pemandangan indah nan elok di kiri dan kanan sepanjang jalan ini.

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan renovasi total Pasar Tawangmangu yang tadinya merupakan pasar tradisional yang terkesan kumuh dan tidak menarik, sekarang telah menjadi bangunan megah Pasar Wisata. Dengan adanya rehabilitasi pasar ini diharapkan para wisatawan yang datang dapat dengan mudah dan nyaman untuk berbelanja segala macam oleh-oleh mulai dari sayur mayur,buah-buahan hingga souvenir khas Tawangmangu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda