Pura Luhur Uluwatu Kabupaten Badung Bali

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan sebuah pura yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Pura ini terletak diatas tebing batu karang setinggi 97 meter yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menyajikan suasana yang sakral dan religius. Akan tetapi juga keindahan alamnya yang menakjubkan.


Pura Luhur Uluwatu merupakan Pura Sad Kahyangan yang diyakini oleh orang Hindu sebagai penyangga sembilan mata angin. Pada awalnya, pura ini digunakan oleh Mpu Kuturan sebagai tempat pemujaan Dewa Rudra, yang merupakan dewa pemberi keselamatan. Selain itu, pura ini juga digunakan untuk memuja oleh Dang Hyang Nirartha, yang merupakan seorang penyebar agama Hindu asal Jawa Timur, yang pada akhirnya memutuskan untuk moksa atau ngeluhur di pura ini.

Hal inilah yang menyebabkan pura ini disebut dengan Pura Luhur Uluwatu. Pura Uluwatu yang berada diatas tebing batu karang ini juga di kenal akan keindahan sunsetnya yang mempesona. Di pura ini juga bisa dijumpai sekawanan kera yang diyakini sebagai penjaga kesucian pura.

Untuk dapat memasuki pura yang sakral ini, pengunjung diharuskan memakai kain sarung dan juga selendang berwarna kuning sebagai simbol penghormatan terhadap kesucian pura. Disamping itu, pura ini juga menyajikan sebuah pertunjukan tari tradisional Bali, yaitu Tari Kecak yang menceritakan tentang penggalan kisah Ramayana. Dibawah Pura Uluwatu terdapat sebuah pantai yang disebut dengan Pantai Pecatu. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat untuk surfing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda