Rawa Pening di Kabupaten Semarang


Rawa Pening adalah sebuah danau sekaligus tempat wisata air yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau yang memiliki luas 2.670 hektar ini menempati empat wilayah, yakni Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Menurut legenda, asal usul Rawa Pening ini adalah dari bekas cabutan lidi yang dilakukan oleh Baru Klinthing, yang kemudian mengeluarkan muntahan air yang mengalir, sehingga terbentuklah sebuah rawa yang kemudian diberi nama Rawa Pening. Danau ini telah mengalami pendangkalan yang cukup pesat. Danau ini pernah dijadikan tempat untuk mencari ikan.

Akan tetapi sekarang permukaan danau tersebut telah ditutupi eceng gondok. Tidak hanya itu, eceng gondok ini juga telah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu sungai. Beberapa usaha untuk mengatasi spesies invasif ini telah dilakukan, diantaranya adalah dengan melakukan pembersihan danau dan pelatihan dalam pemanfaatan eceng gondok untuk kerajinan.

Rawa Pening memiliki pemandangan yang sangat menarik dan udaranya juga sejuk serta menyegarkan. Dikawasan wisata ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti bebek air, ATV dan perahu yang digunakan untuk mengelilingi danau. Selain itu, juga terdapat rumah apung yang menyediakan beraneka macam makanan khas Rawa Pening, seperti ikan nila, ikan gurami dan sebagainya.

Akses untuk menuju kawasan wisata ini tidak begitu sulit, yaitu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda