Tanah Lot Destinasi Wisata Dunia

Tanah Lot adalah sebuah obyek wisata yang ada di Bali, tepatnya di Desa Beradan, Kecamatan Kediri, Tabanan. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, terutama menjelang matahari terbenam. Di Tanah Lot terdapat dua pura, yang masing-masing terletak di atas bongkahan batu karang dan di atas tebing yang menjorok ke laut.


Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Dang Kahyangan yang digunakan sebagai tempat pemujaan dewa laut. Pada saat air laut sedang pasang, pengunjung bisa melihat pura yang nampak seperti mengapung di atas air.

Sedangkan ketika air laut surut, pengunjung bisa melihat  ular laut yang jinak berwarna hitam, berbelang kuning dan berekor pipih serta memiliki racun tiga kali lipat dari ular cobra. Menurut masyarakat setempat, ular tersebut merupakan ular penjaga Pura Tanah Lot. Setiap 210 hari sekali di pura ini diperingati hari raya yang disebut dengan Odalan.

Biasanya hari raya tersebut jatuhnya menjelang hari raya Galungan dan Kuningan. Disepanjang jalan menuju Pura Tanah Lot juga terdapat pasar seni yang menyediakan berbagai macam kerajinan khas dari Bali, seperti gantungan kunci dari kerang, asbak berhiaskan pasir dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda