Wisata Alam Sangeh Kabupaten Badung

Lokasi Objek WisataBadung - Sangeh merupakan sebuah kawasan wisata hutan yang masih sangat alami dan terkenal akan monyet-monyet yang hidup bebas di hutan tersebut.Kawasan wisata ini banyak ditumbuhi pohon pala yang menjulang tinggi, yang berumur hingga ratusan tahun. Sangeh dengan areal seluas 14 hektar ini terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Tempat ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Denpasar, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Objek Wisata Bali
Wisata Alam Sangeh
Menurut sejarah, kawasan wisata hutan Sangeh ini dahulunya merupakan sebuah taman yang di buat oleh Kerajaan Mengwi. Agar supaya nampak lebih indah dan bagus, kemudian taman ini ditanami pohon pala yang khusus didatangkan dari Gunung Agung, pada awalnya rencana pembuatan taman ini begitu sangat dirahasiakan. Akan tetapi karena ada beberapa orang yang mengetahui tentang pembuatan taman ini, maka pembuatan taman ini pun dihentikan, sampai pada akhirnya kawasan tersebut diberi nama Sangeh , yang berarti ada orang yang melihat.

Pada areal depan obyek wisata Sangeh ini terdapat patung raksasa Rahwana yang sedang dikeroyok oleh puluhan monyet. Patung Rahwana ini menggambarkan kisah Ramayana yang sangat terkenal di Bali. Disekitar Patung Rahwana terdapat patung singa bersama monyet kecil. Setelah memasuki sekitar 200 m terdapat hutan yang banyak ditumbuhi dengan pohon pala yang menjulang tinggi. Tepat di tengah hutan tersebut terdapat dua buah pura dimana pura yang kecil disebut  Pura Melanting dan pura yang lebih besar disebut Pura Bukit Sari.

Objek Wisata Bali
Wisata Alam Sangeh
Kedua pura sangat disakralkan oleh penduduk setempat. Tidak hanya pura, akan tetapi juga monyet-monyet yang ada dikawasan ini. Pada penghujung jalan, yaitu menuju pintu keluar terdapat pohon pala raksasa yang mirip dengan bentuk kelamin pria dan wanita. Oleh karena itu, pohon pala ini diberi nama pohon lanang wadon, yang menggambarkan pria dan wanita. Untuk dapat memasuki kawasan wisata hutan Sangeh ini, Anda hanya dikenai biaya sebesar Rp 5.000,-.

Ketika berkunjung ke tempat ini, sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan perhiasan serta membawa barang yang berlebihan. Karena takutnya monyet-monyet tersebut akan merebut barang-barang yang sedang Anda bawa. Alangkah baiknya Anda membawa makanan yang berupa kacang ataupun pisang yang bisa Anda berikan kepada monyet-monyet tersebut.

Demikian artikel dari saya mengenai Wisata Alam Sangeh Kabupaten Badung semoga bermanfaat, kritik dan saran silahkan komentar di kolom bagian bawah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Besakih sebagai Pusat Peribadatan Umat Hindu

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Stadion Segiri Persisam Putra Samarinda